Sabtu, 28 April 2012

SBY Anugerahkan Tunas Kencana Kepada Raja Swedia


PDF Print E-mail
Image Jakarta, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima kunjungan kehormatan Raja Swedia Carl XVI Gustaf di Istana Merdeka, Selasa (31/1) sore. Kunjungan ini juga dilakukan Raja Swedia dalam kapasitasnya sebagai Ketua Yayasan Pramuka Dunia untuk memenuhi undangan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.
Dalam kesempatan ini, Presiden SBY selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka menganugerahkan Lencana Tunas Kencana kepada Carl XVI Gustaf. Penghargaan tersebut diberikan kepada mereka yang berjasa memberikan bimbingan, dukungan, dan bantuan yang amat besar bagi perkembangan Gerakan Pramuka di Indonesia.
Lencana Tunas Kencana merupakan tanda penghargaan tertinggi Gerakan Pramuka. Mereka yang pernah menerimanya, antara lain, Bapak Pramuka Indonesia Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Presiden Soekarno, Presiden Soeharto, dan yang terakhir Presiden SBY pada tahun 2007.

Setelah menyambut di tangga Istana Merdeka, Presiden SBY mengajak Raja Carl XVI Gustaf ke Ruang Jepara untuk melakukan pertemuan empat mata, dilanjutkan dengan upacara penyematan Lencana Tunas Kencana di Ruang Kredensial.
Dalam sambutannya, Presiden SBY menjelaskan bahwa Yayasan Kepanduan Sedunia telah memberikan bantuan teknis dan keuangan kepada organisasi kepramukaan di berbagi tempat dengan tujuan untuk menyelenggarakan berbagai aktivitas di negara mereka masing-masing.
"Yang Mulia telah membuktikan kepemimpinan untuk memberdayakan organisasi kepanduan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Saya bangga bahwa Gerakan Pramuka Indonesia juga telah secara aktif berkecimpung di Gerakan Duta Perdamaian Global dari Yayasan Pramuka Dunia," ujar Presiden SBY.
Sementara itu, usai menerima Lencana Tunas Kencana, Raja Carl XVI Gustaf memuji kepemimpinan Presiden SBY saat memimpin rekonstruksi Aceh pasca tsunami. Menurutnya, kepemimpinan dan penanganan rekonstruksi tersebut patut menjadi acuan seluruh Gerakan Pramuka di dunia.

Kunjungan Ke Cibubur Jakarta.
Sebelumnya Raja Swedia Carl XVI Gustaf yang juga Ketua Yayasan Pramuka Dunia antusias mengunjungi Bumi Perkemahan Cibubur. Raja Swedia yang aktif di Organisasi Pramuka Swedia sejak kanak-kanak ini melihat secara langsung aktivitas anak-anak Pramuka Indonesia.
Dalam kunjungannnya beliau menyaksikan kegiatan pramuka pecinta dirgantara, taman lalu lintas yang menawarkan pengenalan lalu lintas pada anak-anak sejak dini, hingga pusat madu pramuka.
Raja Swedia berkunjung ke Indonesia sejak 30 Januari hingga 2 Februari mendatang untuk meninjau aktivitas kepramukaan dan membantu program Messenger of Peace (Duta Perdamaian). Dalam kapasitasnya sebagai Ketua Kehormatan World Scout Foundation, Raja Swedia memberikan dana USD500.000 untuk program tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lencana Facebook

Lencana Facebook

Visit the Site
SOFII and Mafu Band: TM & 2012 Sofi i Characters, Inc. Motion Picture © 2012 Indonesia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2012 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. Facebook Admin